RPP Agama Hindu Kelas 6 Materi Panca Sradha
Hayy.....sobat aksara berjumpa lagi di blog membaca aksara kali ini admin akan berbagi tentang penulisan RPP Agama Hindu Kelas 6 dengan materi Panca Sradha sebagai berikut.
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : VI / 1
Materi Pokok : Cara memperkuat keyakinan dengan memahami ajaran Panca Sradha
AlokasiWaktu : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit ) Pertemuan 8
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa dapat :
3.2.1. Menjelaskan ajaran panca Sradha ( Widhi Sradha ) sebagai dasar meningkatkan keyakinan dengan benar.
3.2.2. Menjelaskan ajaran panca Sradha ( Atma Sradha ) sebagai dasar meningkatkan keyakinan dengan benar.
3.2.3. Menjelaskan ajaran panca Sradha ( Karma Phala Sradha ) sebagai dasar meningkatkan keyakinan dengan benar.
3.2.4. Menjelaskan ajaran panca Sradha ( Punarbhawa Sradha ) sebagai dasar meningkatkan keyakinan dengan benar.
3.2.5. Menjelaskan ajaran panca Sradha ( Moksa Sradha ) sebagai dasar meningkatkan keyakinan dengan benar.
3.2.6. Menemukan Contoh-contoh ajaran Panca Sradha sebagai dasar meningkatkan keyakinan dengan benar.
3.2.7. Menunjukkan contoh Ajaran Panca Sradha dalam sebuah cerita dengan benar.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan :
- Guru Menyapa siswa dengan salam, dan menanyakan kabar siswa,
- Guru mengecek kehadiran siswa
- Sebelum memulai pelajaran guru mengajak siswa mengucapkan doa panganjali dan doa memulai suatu kegiatan
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai.
Kegiatan Inti :
Orientasi peserta didik pada masalah
- Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok
- Guru menyampaikan masalah yang akan dipecahkan secara kelompok, masalah yang akan di carikan solusinya adalah : “ Bagaimana cara menumbuhkan atau memperkuat keyakinan ( Panca Sradha ) dalam ajaran agama Hindu, diskusikan bersama kelompokmu dengan menguraikan cara meyakini dari setiap ajaran Panca Sradha”.
- Kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan yang disarankan.
Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar.
- Guru memastikan setiap anggota memahami tugas masing-masing. Dengan membagikan format Lembar kerja Siswa.
- Peserta didik berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/ bahan-bahan/ alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah.
Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok.
- Guru memantau keterlibatan peserta didik dalam pengumpulan data selama proses penyelidikan.
- Peserta didik melakukan penyelidikan (mencari data/ referensi/ sumber) untuk bahan diskusi kelompok.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.
- Guru memantau diskusi dan membimbing pembuatan laporan sehingga karya setiap kelompok siap untuk dipresentasikan.
- Kelompok melakukan diskusi untuk menghasil-kan solusi pemecahan masalah dan hasilnya dipresentasikan/disajikan dalam bentuk karya.
Baca Juga :
RPP Agama Hindu Kelas 5 Materi Weda
RPP Agama Hindu Kelas 5 Materi Cadhu Sakti
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
- Guru membimbing presentasi dan mendorong kelompok memberikan penghargaan serta masukan kepada kelompok lain. Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi.
- Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan apresiasi. Kegiatan dilanjutkan dengan merangkum/ membuat kesimpulan sesuai dengan masukan yang diperoleh dari kelompok lain.
Penutup :
- Guru menyimpulkan materi yang sudah di pelajari
- Guru memberikan motivasi kepada siswa
- Guru menutup pelajaran dengan doa
bagi temen-temen yang memerlukan salinan RPPnya bisa cek dibawah ini !
إرسال تعليق