Contoh Soal Asesmen SMA Level 6 Kelas 11 dan 12

Contoh Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Level 6 Kelas 11 dan 12 SMA


Kali ini Membaca Aksara akan berbagi contoh soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) online level 6 kelas 11 dan 12 SMA.   

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah merilis dan mempublikasikan contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum versi daring sebagai gambaran dan persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional yang rencananya akan mulai dilaksanakan tahun 2021. 

Kumpulan soal AKM daring semua level pembelajaran dan jenjang dapat sahabat Aksara akses melalui laman resmi Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang beralamat di https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/. 

Soal-soal yang terdapat pada level 6 terdiri dari materi pembelajaran Literasi Teks Fiksi dan Literasi Teks Informasi. Berikut ini Memaca Aksara bagikan contoh soal AKM level 6 kelas 11 dan 12 SMA dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan tujuan agar informasi tentang latihan soal AKM daring ini dapat tersebar ke berbagai penjuru Indonesia. Dengan demikian diharapkan rekan-rekan guru, sahabat Aksara, dan siswa/siswi dapat mengaksesnya dengan baik dan mudah. 

Berikut ini contoh latihan soal AKM daring level 6 kelas 11dan 12 SMA.


SOAL LITERASI FIKSI

A. Menemukan Informasi

  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal) [Lihat]
  • Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal) [Lihat]

B. Memahami

  • Menganalisis perubahan pada elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
  • Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
  • Menyusun generalisasi (kesimpulan umum) dari hasil inferensi terhadap ide-ide yang terkandung di dalam teks sastra atau teks informasi. (5 Soal) [Lihat]
  • Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

C. Mengevaluasi dan merefleksi

  • Mengevaluasi penggunaan diksi dan majas (metafora, analogi, personifikasi) dalam teks sastra sesuai jenjangnya,
  • Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal) [Lihat]
  • Menilai dan mengkritisi elemen intrinsik (karakterisasi, alur cerita, latar) serta otentisitas penggambaran masyarakat pada teks sastra sesuai jenjangnya.
  • Merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang terkandung dari teks sastra atau teks informasi untuk memahami cara pandang penulis sesuai jenjangnya. (1 Soal) [Lihat]
SOAL LITERASI INFORMASI

A. Menemukan Informasi

  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (10 Soal) [Lihat]
  • Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (6 Soal) [Lihat]

B. Memahami

  • Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 Soal) [Lihat]
  • Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal) [Lihat]

C. Mengevaluasi dan merefleksi

  • Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta). (3 Soal) [Lihat]
  • Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (6 Soal) [Lihat]
  • Menilai efektivitas format penyajian data (format visual, struktur perbandingan, contoh, dll) untuk mendukung ide pokok pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (5 Soal) [Lihat]
  • Menilai dan mengidentifikasi bias pada penulisan teks informasi sesuai jenjangnya. (2 Soal) [Lihat]
  • Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
  • Merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang terkandung dari teks sastra atau teks informasi untuk memahami cara pandang penulis sesuai jenjangnya.

Demikianlah informasi tentang contoh soal AKM Online Level 6 Kelas 11 dan 12 SMA yang dapat Membacaaksara bagikan.

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/   

Post a Comment

Previous Post Next Post