TRI MALA, Tiga Perbuatan Kotor

TRI MALA, Tiga Perbuatan Kotor atau Buruk


PENGERTIAN TRI MALA

Berasal dari bahasa Sansekerta terdiri dari kata Tri yang artinya Tiga dan Mala artinya kotor, buruk atau kejahatan, Jadi tri mala artinya tiga perbuatan kotor.

Perbuatan manusia dapat dibedakan menjadi 2 yaitu

a.Perbuatan  baik atau susila yang disebut dengan Subha Karma

b.Perbuatan tidak baik atau Asusila disebut dengan Asubha Karma

 


BAGIAN - BAGIAN TRI MALA

 

Moha

Moha adalah pikiran yang kurang baik. Berpikir jahat kepada orang lain adalah contoh moha. Kita harus bersyukur dan berbangga. Karena telah diberikan pikiran. Dari pikiran kita dapat berbuat. Pikiran adalah sumber aktivitas manusia. Jika pikiran buruk, maka perbuatan buruk. Pikiran yang buruk, merugikan orang lain. Pikiran yang buruk, menjadikan kita jahat. Contohnya pencuri, perampok. Itu tidak boleh dilakukan. Moha adalah pikiran yang kurang baik. Kita tidak boleh memiliki pikiran yang kurang baik.

 

Mada

Mada adalah berbuat jahat dengan mulut. Membentak, berbohong, memfitnah adalah contoh dari mada. Manusia memiliki kemampuan bicara. Bicara adalah ungkapan perasaan. Kita harus hati-hati dalam berbicara. Bicara sopan, akan banyak teman. Bicara yang kurang sopan, dijauhi teman. Bicara sopan, mendapat simpati orang. Bicara kurang sopan, membuat orang marah. Berusaha untuk bicara sopan.

 

Kasmala

Kasmala, adalah perbuatan jahat dengan tangan. Membunuh, mencuri, berlaku kurang baik. Itu semua contoh kasmala. Kasmala adalah perilaku tidak baik. Perilaku ini tidak boleh ditiru. Kasmala disebut asusila. Asusila adalah perilaku kurang baik. Malas, rakus, merampas, menampar adalah perilaku kurang baik.

Baca Juga :

Pengertian Tri Murti

Pengertian Catur Guru

Pengertian Catur Marga Yoga

CARA MENGENDALIKAN TRI MALA

Perilaku Tri Mala harus kita hindari untuk menciptakan hubungan yang harmonis dengan sesame adapun cara yang dapat dilakukan adalah

1.Rajin sembahahyang untuk selalu mendekatkan diri pada Sang Hyang Widhi bersyukur atas segala karunia yang telah diberikan / dilimpahkan

2.Menuruti nasihat guru dan orang tua

3.Melakukan kegiatan yang bermaanfaat (olahraga, belajar)

Melakasanakan ajaran Tri Kaya Parisudha (berpikir yang baik,berkata yang baik dan berprilaku yang baik)

Post a Comment

Previous Post Next Post