Tri Rna Sebagai Hutang Yang Di Bawa Sejak Lahir

Tri Rna Sebagai Hutang Yang Di Bawa Sejak Lahir

Setiap manusia yang lahir di dunia memiliki hutang atau kewajiban, hutang atau kewajiban yang kita miliki tentu harus dibayar. Hutang kita dapat berbentuk materi dan non materi, sebagai pemeluk Hindu yang taat tentu kita mengetahui bahwa dalam ajaran agama Hindu terdapat hutang atau kewajiban yang kita bawa sejak lahir. Hutang atau kewajiban tersebut dikenal dengan sebutan Tri Rna.



Pengertian Tri Rna

Tri Rna berasal dari bahasa sansekerta dari kata Tri dan Rna, Tri artinya tiga, dan Rna artinya hutang atau kewajiban. Jadi Tri Rna artinya tiga hutang atau kewajiban yang dimiliki manusia yang dibawa sejak lahir. Hutang atau kewajiban manusia meliputi hutang jiwa kepada Sang Hyang Widhi, hutang hidup pada orang tua, dan hutang pengetahuan kepada para guru dan orang suci. Ajaran Tri Rna mengajarkan kita untuk mengetahui hak dan kewajiban kita dalam kehidupan, sehingga menuntun kita untuk menyadari bahwa hidup kita ini memiliki hutang atau kewajiban yang wajib kita bayar dan laksanakan, (Sumarni dan Raharjo, 2015:2).

Bagian-bagian Tri Rna

Dalam kehidupan sebagai manusia ada tiga kewajiban utama yang harus dilaksanakan. Tiga kewajiban yang dimaksud adalah :

Dewa Rna adalah kewajiban untuk membayar hutang jiwa kepada Sang Hyang Widhi, sebab beliau yang memberikan kehidupan kepada seluruh makhluk hidup termasuk manusia.

Pitra Rna adalah kewajiban untuk membayar hutang jasa atas pemeliharaan orang tua kepada kita, semenjak kita di dalam kandungan hingga kita memasuki masa berumah tangga.

Rsi Rna adalah kewajiban untuk membayar hutang jasa atas pendidikan yang diberikan oleh para Rsi, orang Suci dan para guru, atas jasa beliau kita mampu memiliki pengetahuan hidup.

Contoh bagian-bagian Tri Rna

1. Contoh bhakti kepada Sang Hyang Widhi

Di sebuah desa yang terpencil, hiduplah beberapa keluarga. Mereka hidup sangat rukun, saling menghormati satu sama lain. Setiap hari suci yang diistimewakan mereka melakukan pemujaan di tempat yang disucikan, walaupun tidak ada pura atau pelinggih mereka semua taat melakukan pemujaan. Karena ketaatannya melakukan pemujaan mereka dianugerahi kehidupan yang sejahtera, aman, dan tentram, (Sumarni dan Raharjo, 2015:4).

2. Contoh bhakti kepada orang tua

Dalam cerita Mahabharata diceritakan Dewa Brata putra dari Bhagawan Santanu terenyuh hatinya melihat ayahnya murung dan mengurung diri di dalam kamar.” Apakah gerangan yang terjadi pada ayahanda?”demikian pertanyaan yang berkecamuk di dalam pikirannya. Tidak tega melihat ayahnya dalam keadaan bersedih, maka Dewa Brata mendekati ayahnya. Dan bertanya,”ayahanda apakah gerangan yang menyebabkan ayahanda murung dan sedih?” Raja Santanu menjawab pertanyaan putranya,”Oh, putraku Dewa Brata, di pinggir pantai ayahanda menemukan seorang gadis yang bernama Dewi Satyawati. Ayah ingin mempersuntingnya, tetapi dia memberi syarat bila dia berputra maka putranyalah yang akan menggantikan ayah menjadi raja di Hastinapura. Tetapi ayah ragu, karena kau adalah Putra Mahkota ayahanda.”Mendengar jawaban ayahnya, Dewa Brata mohon pamit untuk pergi menjemput Putri Satyawati. Sesampainya di tempat Dewi Satyawati, Dewa Brata mengungkapkan maksud kedatangannya untuk menjemput Dewi Satyawati untuk dikawinkan dengan ayahnya Raja Santanu. Dia rela melepas haknya sebagai putra mahkota demi kebahagiaan ayahnya. Disanalah Dewa Brata bersumpah bahwa dia akan melepas haknya sebagai putra mahkota dan tidak akan kawin seumur hidup, dan mengganti namanya menjadi Bhisma. Akhirnya diantarlah Dewi Satyawati ke Hastinapura dan dikawinkan dengan ayahnya, (Sumarni dan Raharjo, 2015:5).

3. Contoh bhakti kepada Orang Suci, dan Guru

Diceritakan pada waktu Bhagawan Drona menjadi guru putra-putra Hastina, banyak pula putra raja dari negara lain datang ke Hastinapura berguru kepada Bhagawan Drona. Diantara murid-murid tersebut yang paling mahir dalam ilmu panah adalah Arjuna. Dihadapan semua murid-muridnya Bhagawan Drona memuji kecakapan Arjuna. Katanya,”Anakku Arjuna, tidak akan ada orang lain yang menandingi kepandaianmu dalam ilmu panah.” Sedang yang paling pandai dalam menggunakan gada adalah Bima. Duryodana sangat iri kepada Bima.

Pada suatu hari guru besar Drona menyuruh Bima pergi men­ cari Tirta Prawidi yang ada dalam goa di kaki Gunung Chandramuka (sebenarnya di sana tidak ada Tirta Prawidi, yang ada justru dua raksasa yang ganas). Ini adalah hanya untuk menguji keberanian dan kesetiaan Bima kepada guru Drona.

Karena baktinya kepada guru besar Drona, tanpa curiga Bima berangkat ke Gunung Chandra­ muka. Sesampainya dia di sana dia dihadang oleh dua raksasa yang bernama Rukmuka dan Rukmakala. Terjadilah pertempuran hebat antara Bima dengan kedua raksasa tersebut. Kedua raksasa itu dapat dibunuh dengan susah payah oleh Bima. Seketika itu pula jasad kedua raksasa itu berubah menjadi Dewa. Kedua Dewa itu mengucapkan terimakasih kepada Bima karena telah membebaskannya dari kutukan. Kedua Dewa itu dikutuk menjadi raksasa karena telah melakukan kesalahan. Kedua Dewa itu lalu memberikan hadiah kepada Bima berupa sebuah ikat pinggang kotak-kotak hitam putih (poleng). Ikat pinggang itu akan mengantarkan Bima mengarungi samudra betapapun luas dan dalamnya. Setelah itu kedua Dewa itu kembali ke sorga, (Sumarni dan Raharjo, 2015:6).

Bima kemudian pulang menghadap guru Drona dan melaporkan bahwa di sana tidak ada Tirta Prawidi bahkan yang ada hanyalah dua raksasa yang dibunuhnya, tetapi Bima tidak melaporkan hadiah yang didapat dari Dewa itu. Mendapat laporan seperti itu, dalam hati Bhagawan Drona memuji keberanian dan bakti Bima terhadap guru. Guru Drona mengatakan bahwa Tirta Prawidi itu sudah pindah tempat di Hutan Gumiling dan untuk ke dua kalinya Bima diuji. Drona menyuruh Bima pergi ke Hutan Gumiling untuk mencari Tirta Prawidi.

RELATED:

Arti Tri Murti

Sad Ripu Dalam Diri Manusia

Sekali lagi karena rasa baktinya kepada guru, Bima dengan iklas dan senang hati melaksanakan tugas gurunya itu. Tanpa berpikir panjang Bima berangkat ke Hutan Gumiling. Di sana Bima dihadang oleh seekor naga yang besar, naga tersebut lalu membelit tubuh Bima dan ingin mematuknya namun Bima berhasil mencekik leher naga itu dan kuku pancanakanya menembus tenggorokan naga tersebut. Naga itupun lalu menggelepar dan mati. Sesaat kemudian bangkai naga itu tiba-tiba berubah menjadi seorang dewi, lalu berkata kepada Bima, “Terimakasih Raden, aku Dewi Maheswari.

Karena kesalahan yang aku perbuat aku dikutuk menjadi naga. Atas bantuanmu kini aku terbebas dari kutukan.” Dewi Maheswari lalu menganugerahi Bima mantra “Jala Sengara.” Dengan mantra ini, Bima bisa mengarungi samudra sebesar apapun ombaknya.

Bima kembali kepada guru Drona, menyatakan bahwa Tirta Prawidi tidak ada di Hutan Gumiling. Karena keberhasilan Bima melaksanakan tugas gurunya itu, guru Drona mengujinya lagi dengan ujian yang lebih berat. Guru Drona lalu menyuruh Bima mencari Tirta Prawidi itu di tengah samudra. Walaupun Bima sesungguhnya tidak bisa berenang, tetapi karena baktinya kepada guru Bima langsung berangkat. Di tengah samudra dia dihadang oleh naga besar bernama Nawatnawa. Naga Nawatnawa berhasil dibunuh oleh Bima, akan tetapi Bima sendiri pingsan dan terdapar di sebuah pulau karang. Ketika ia sadar, di depannya berdiri seorang manusia sangat kecil lalu menyapanya, “ Aku ini Dewa Ruci, masuklah ke mulutku, engkau akan menemui apa saja yang kau cari.” Bima menjawab.”Badanmu begitu kecil, bagaimana aku masuk ke dalam tubuhmu. Kelingkingku saja tidak mungkin masuk.” Dewa Ruci berkata lagi, “Lihatlah wahai Pandu Putra. Jangankan tubuhmu yang kecil itu, Bhuwana Agung inipun ada dalam perutku.” Manusia kecil itu tampak makin lama makin besar, sehingga tanpa ragu-ragu lagi Bima memasuki mulut Dewa Ruci, (Sumarni dan Raharjo, 2015:7).

Di dalam perut Dewa Ruci, Bima melihat pemandangan Bhuwana Agung. Ia juga mendengar suara gaib yang memberi pelajaran tentang ilmu kadyatmikan. Ia juga diserahkan sebuah cupu (sejenis periuk) yang tertutup untuk diserahkan kepada Guru Drona. Setelah itu ia tiba-tiba sudah berada di tepi pantai. Ia lantas pulang menyerahkan cupu itu kepada Guru Drona. Ketika Guru Drona membuka cupu tersebut, dari dalamnya keluar api yang membakar rambutnya hingga menjadi botak. Sejak peristiwa itu Guru Drona tidak lagi menguji Bima, (Sumarni dan Raharjo, 2015:8).

Demikian yang penulis dapat bagikan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Apabila ada masukan dan saran bisa ditambahkan dikolom komentar

terimakasih

Referensi:

Juniani, Desak Made. 2019. Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas VIDenpasar: Kementerian Agama Republik Indonesia, Kantor Wilayah Bali

Post a Comment

Previous Post Next Post