Pengertian Bhuana Agung dan Bhuana Alit

 Pengertian Bhuana Agung dan Bhuana Alit


Alam semesta merupakan suatu tempat yang sangat luas. Alam semesta ruang bagi tata surya dan semua benda-benda lainnya. Dalam ajaran agama Hindu alam semesta diistilahkan dengan Bhuana Agung. Bhuana Agung atau Makrokosmos disebut juga dengan jagat raya atau alam besar. Di dalam Brahmanda Purana disebut sebagai Brahmanda, yaitu telur Brahman. Hal ini sesuai dengan yang tercantum dalam Manawa Dharmasastra Adhyaya I.9 berikut ini.


Tad aṇḍam abhavad dhaima sahāsrām śusam aprabham,

tasmin jajñe svaya brahmā sarva loka pitā mahaḥ.

Terjemahannya:

Benih menjadi telur alam semesta yang maha suci, cemerlang laksana jutaan

sinar. Dari dalam telur itu Ia jadikan menjadi Brahman, pencipta cikal bakal alam

semesta ini. (Pudja dan Sudharta, 2002:30)

 

Bhuana Agung atau macrocosmos diciptakan oleh Ida Sang Hyang Widhi pada Sresti atau penciptaan. Proses terciptanya Bhuana Agung berawal saat dunia ini belum ada apa-apa dan Ida Sang Hyang Widhi dalam wujud Nirguna Brahman yang berarti Tuhan dalam wujud sepi, kosong, sunyi, dan hampa.

Setelah itu, Ida Sang Hyang Widhi menjadikan dirinya menjadi Saguna Brahman yang berarti Tuhan sudah mulai beraktivitas. Selanjutnya, TUhan menciptakan dua unsur, yakni Purusa dan Prakerti. Unsur Prakerti memiliki Tiga Guna yang disebut Tri Guna, yang terdiri dari:

  1.        Satwam, yaitu sifat dasar terang, bijaksana,
  2.        Rajas adalah sifat dasar aktif, dinamis dan rajin,
  3.        Tamas adalah sifat dasar berat, malas dan lamban.

Kemudian lahirlah Panca Tan Matra dan Panca Maha Bhuta. Dengan munculnya Panca Maha Bhuta, maka berkembangkan Bhuana Agung dengan segala isinya, seperti matahari, bumi, bulan, planet, dan lainnya.

Langit, bulan, dan bintang. Semua itu adalah alam semesta yang besar beserta dengan isinya. Isi alam semesta yang lebih kecil, seperti tumbuhan, hewan, dan manusia dalam ajaran agama Hindu disebut Bhuana Alit atau ‘Microcosmos’. Dalam Bahasa Sanskerta, Bhuana Alit berasal dari kata ‘Bhuana’ artinya alam dan ‘Alit’ artinya kecil. Jadi Bhuana Alit artinya alam yang lebih kecil yang merupakan isi dari jagat raya.

Post a Comment

Previous Post Next Post