Raja Mulawarman yang Bijaksana

 Raja Mulawarman yang Bijaksana

Dahulu kala, di sebuah kerajaan besar di Kalimantan yang bernama Kerajaan Kutai, hiduplah seorang raja yang sangat bijaksana. Namanya Raja Mulawarman. Raja Mulawarman terkenal sebagai raja yang sangat peduli dengan rakyatnya. Dia selalu berpikir, "Bagaimana caranya agar rakyatku hidup bahagia dan sejahtera?"



Suatu hari, Raja Mulawarman memutuskan untuk berjalan-jalan ke desa-desa di seluruh kerajaannya. Dia ingin melihat langsung bagaimana kehidupan rakyatnya. Ketika sampai di sebuah desa kecil, Raja Mulawarman melihat banyak rakyatnya yang bekerja keras di ladang. Namun, meskipun mereka bekerja keras, hasil panen mereka tidak banyak, dan mereka tetap hidup dalam kesusahan.

Raja Mulawarman merasa sedih melihat hal itu. Dia memanggil para penasehatnya dan bertanya, "Apa yang bisa kita lakukan agar rakyat kita mendapatkan panen yang lebih baik dan hidup lebih sejahtera?"

Salah satu penasehat yang bijak menjawab, "Baginda, tanah di desa ini kurang subur karena tidak ada air yang cukup. Jika kita bisa membuat saluran air dari sungai besar ke ladang-ladang mereka, maka tanah akan menjadi lebih subur, dan panen mereka akan melimpah."

Raja Mulawarman sangat senang mendengar saran itu. Segera, dia memerintahkan prajurit dan pekerjanya untuk membangun saluran air yang besar. Mereka bekerja keras siang dan malam, menggali tanah dan mengalirkan air dari sungai ke ladang-ladang di desa itu.

Setelah beberapa bulan, saluran air pun selesai. Air dari sungai mengalir deras ke ladang-ladang, membuat tanah menjadi subur. Pada musim panen berikutnya, para petani sangat terkejut karena hasil panen mereka sangat melimpah. Mereka bisa menanam lebih banyak padi, sayuran, dan buah-buahan. Kini, rakyat di desa itu tidak lagi kekurangan makanan.

Rakyat sangat berterima kasih kepada Raja Mulawarman. Mereka mengadakan pesta besar di desa dan mengundang Raja Mulawarman untuk datang. Mereka semua bersorak, "Hidup Raja Mulawarman! Raja kita yang bijaksana dan baik hati!"

Raja Mulawarman tersenyum bahagia. Dia berkata, "Kesejahteraan kalian adalah kebahagiaanku. Selama aku menjadi raja, aku akan selalu berusaha agar kalian semua hidup sejahtera dan bahagia."

Sejak saat itu, Raja Mulawarman dikenal sebagai raja yang tidak hanya kuat dan bijaksana, tetapi juga sangat peduli dengan rakyatnya. Di seluruh Kerajaan Kutai, rakyat hidup dengan damai dan sejahtera, berkat kebaikan hati Raja Mulawarman.

Tamat.


Post a Comment

Previous Post Next Post