Akun Sim PKB Tidak Bisa Log In, Begini Caranya
SIMPKB sebenarnya adalah program pemerintah yang ditujukan untuk guru yang ada di seluruh Indonesia. Program ini memiliki tujuan untuk mengambangkan kualitas profesi seorang guru dalam rangka menciptakan mutu pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. SIMPKB guru belajar juga menjadi salah satu syarat untuk guru agar mendapatkan benefit seperti tunjangan.
Program ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kualitas hasil belajar dan juga mengembangkan kemampuan guru dengan menyesuaikan perkembangan zaman, misalnya bekerja dari rumah.
Melalui SIMPKB guru belajar, diharapkan guru mempunyai pemahaman dan pendalaman materi belajar dengan lebih baik seperti ilmu terapan, keterampilan, ilmu sosial, dan lainnya. Nantinya, guru akan mendapatkan ilmu yang berkualitas. Selain itu, dengan hasil pembelajaran yang baik dan berkualitas bisa menjadi tolak ukur dalam peningkatan jabatan atau profesi seorang guru.
Cara mengetahui no UKG
Untuk dapat mengetahui no UKG yang Anda miliki, Anda dapat mencarinya melalui laman pencarian di SIMPKB. Berikut langkah-langkah untuk mencari no UKG Anda :
- Kunjungi laman portal layanan SIMPKB pada laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/.
- Klik pada tombol Pencarian Data GTK, kemudian Anda akan diarahkan menuju laman pencarian data GTK.
- Masukkan nama lengkap Anda, Pilih Provinsi dan Kota tempat Anda.
- Klik tombol Cari GTK.
- Silakan cari data Anda pada bagian hasil pencarian.
Cara mendapatkan akun simpkb
Untuk bisa mendapatkan akun SIMPKB Anda dapat melakukan registrasi dengan cara sebagai berikut :
- Kunjungi laman portal layanan SIMPKB
- Klik pada tombol Registrasi Akun GTK, kemudian Anda akan diarahkan menuju laman registrasi akun GTK.
- Isikan nomor UKG dan tanggal lahir Anda (pastikan Anda telah mengetahui no UKG Anda sebelumnya).
- Centang pada captcha “Saya Bukan Robot”.
- Klik Register
Cara registrasi akun simpkb
Anda dapat melakukan registrasi layanan SIMPKB dengan cara sebagai berikut :
- Kunjungi laman portal layanan SIMPKB
- Klik pada tombol Registrasi Akun GTK, kemudian Anda akan diarahkan menuju laman registrasi akun GTK.
- Isikan nomor UKG dan tanggal lahir Anda (pastikan Anda telah mengetahui no UKG Anda sebelumnya).
- Centang pada captcha “Saya Bukan Robot”.
- Klik Register
Cara cek akun saya ganda atau tidak di simpkb
Untuk dapat mengetahui no UKG yang Anda miliki, Anda dapat mencarinya melalui laman pencarian di SIMPKB. Berikut langkah-langkah untuk mencari no UKG Anda :
- Kunjungi laman portal layanan SIMPKB
- Klik pada tombol Pencarian Data GTK, kemudian Anda akan diarahkan menuju laman pencarian data GTK.
- Masukkan nama lengkap Anda, Pilih Provinsi dan Kota tempat Anda.
- Klik tombol Cari GTK.
- Silakan cari data Anda pada bagian hasil pencarian.
- Jika ditemukan hasil ganda, silakan laporkan melalui media pelaporan yang telah disediakan.
- Pastikan Anda menyebutkan no UKG yang aktif digunakan dan yang tidak aktif digunakan lalu sebutkan juga apakah akun tersebut terkoneksi Dapodik atau tidak.
Cara mengetahui apakah akun saya terkoneksi dapodik atau tidak
Untuk dapat mengetahui apakah akun SIMPKB Anda sudah terkoneksi dengan data Dapodik atau tidak, Anda dapat mengecek dengan langkah-langkah sebagai berikut :
- Kunjungi laman portal layanan SIMPKB
- Klik pada tombol Pencarian Data GTK, kemudian Anda akan diarahkan menuju laman pencarian data GTK.
- Masukkan nama lengkap atau nomor UKG Anda, Pilih Provinsi dan Kota tempat Anda.
- Klik tombol Cari GTK.
- Status koneksi dapodik data Anda akan ditampilkan
Cara agar akun simpkb saya dapat terkoneksi dapodik
Lakukan langkah berikut :
- Pastikan data Dapodik Anda valid dan sinkron di Dapodik Pusat Lakukan pencarian akun SIMPKB
- Jika terdeteksi ganda, silakan laporkan melalui operator SIMPKB Dinas Kota/Kab/Propinsi yang menaungi satminkal Anda.
- Operator SIMPKB Dinas Kota/Kab akan meneruskan kepada Tim Pengembang SIMPKB Pusat sesuai dengan format laporan yang telah ditentukan.
- Silakan tunggu proses sinkronisasi data, proses sinkronisasi data dengan Dapodik membutuhkan waktu sekurangnya 2x24 jam, akun SIMPKB Anda akan otomatis terkoneksi dengan Dapodik setelah proses sinkronisasi data selesai.
Cara mereset kata sandi akun simpkb
Jika Anda ingin melakukan reset kata sandi silakan menghubungi Admin Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat atau Admin P4TK atau Ketua MGMP/KKG/GUGUSTK di wilayah kerja masing-masing untuk meminta reset kata sandi dan bukti CETAK AKUN Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan alternatif lainnya.
Cara merubah nama di simpkb
Jika ada data pada SIMPKB yang tidak sesuai silakan lakukan perbaikan data pada DAPODIK dengan menghubungi Admin DAPODIK pada satminkal atau Dinas Pendidikan di daerah masing-masing. Selanjutnya pastikan setelah melakukan perbaikan untuk melakukan sinkron dengan DAPODIK pusat dan silakan tunggu setidaknya 2x24 jam untuk perubahan data pada SIMPKB.
Cara merubah data tempat dan tanggal lahir di simpkbb
Jika ada data pada SIMPKB yang tidak sesuai silakan lakukan perbaikan data pada DAPODIK dengan menghubungi Admin DAPODIK pada satminkal atau Dinas Pendidikan di daerah masing-masing. Selanjutnya pastikan setelah melakukan perbaikan untuk melakukan sinkron dengan DAPODIK pusat dan silakan tunggu setidaknya 2x24 jam untuk perubahan data pada SIMPKB.
Cara memperbaiki Data Jenis Kelamin di simpkb yang salah
Jika ada data pada SIMPKB yang tidak sesuai silakan lakukan perbaikan data pada DAPODIK dengan menghubungi Admin DAPODIK pada satminkal atau Dinas Pendidikan di daerah masing-masing. Selanjutnya pastikan setelah melakukan perbaikan untuk melakukan sinkron dengan DAPODIK pusat dan silakan tunggu setidaknya 2x24 jam untuk perubahan data pada SIMPKB.
Memperbaiki Akun simpkb saya berisi data orang lain
Jika Anda mengalami kendala dimana akun SIMPKB Anda berisikan data milik orang lain, yang harus Anda lakukan adalah :
- Login kedalam akun SIMPKB Anda..
- Pilih menu “Bantuan Akun SIMPKB” / “Lapor SIMPKB”.
- Silakan buat laporan baru terkait dengan data Anda.
Cara mengubah data sekolah (Satminkal)
Jika ada data pada SIMPKB yang tidak sesuai silakan lakukan perbaikan data pada DAPODIK dengan menghubungi Admin DAPODIK pada satminkal atau Dinas Pendidikan di daerah masing-masing. Selanjutnya pastikan setelah melakukan perbaikan untuk melakukan sinkron dengan DAPODIK pusat dan silakan tunggu setidaknya 2x24 jam untuk perubahan data pada SIMPKB.
Cara mendapatkan NUPTK
NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) merupakan Nomor Induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK) yang diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non-PNS yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sebagai Nomor Identitas yang resmi. untuk mengetahui mekanisme mendapatkan NUPTK dapat mengakses tautan berikut : http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Home/Mekanisme.
Cara menampilkan NUPTK yang tidak muncul di SIMPKB
Pastikan NUPTK sudah terdapat pada data dapodik Anda, kemudian pastikan data nomor UKG Anda telah terkoneksi dengan dapodik. Selanjutnya Anda dapat membuat laporan dengan cara sebagai berikut :
- Login kedalam akun SIMPKB Anda.
- Pilih menu “Bantuan Akun SIMPKB” / “Lapor SIMPKB”.
- Silakan buat laporan baru terkait dengan data Anda.
Lama waktu sinkron data dari Dapodik ke SIMPKB
Pastikan Anda telah melakukan perbaikan data pada DAPODIK dan telah sinkron dengan DAPODIK PUSAT. Waktu sinkron dari DAPODIK ke SIMPKB minimal 2x24 jam.
Panduan lengkap terkait SIMPKB bisa di cek dibawah ini !
Post a Comment